Selasa, 23 April 2013

Pendahuluan ( Tugas Softskill : Pengantar Komputasi Modern )

A. Teori Komputasi dan Pengimplementasiannya

Pada artikel yang saya tulis kali ini, akan membahas tentang Teori Komputasi beserta berbagai pengimplementasiannya dalam berbagai bidang ilmu yang ada sekarang.
Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan teori komputasi tersebut? Menurut sumber yang saya pelajari, teori komputasi merupakan sebuah cabang dari ilmu komputer dan matematika yang membahas bagaimana cara pemecahan suatu masalah pada model komputasi dengan menggunakan algoritma. Dalam ilmu ini dibagi menjadi 2 cabang, yaitu teori komputabilitas dan teori kompleksitas.
Teori komputabilitas adalah memeriksa batasan-batasan berbagai model teoretis komputer, termasuk model yang dikenal paling berdaya. Sedangkan yang dimaksud dengan teori kompleksitas adalah pengkajian traktabilitas oleh komputer; beberapa masalah, meski secara teoritis terselesaikan oleh komputer, tetapi cukup mahal menurut konteks waktu dan ruang, tidak dapat dikerjakan secara praktis, bahkan dengan cepatnya kemajuan perangkat keras komputer.
Dalam melakukan studi komputasi, beberapa ilmuwan komputer bekerja dengan abstraksi matematika komputer yang dikenal dengan model komputasi. Sebenarnya banyak model komputasi yang sering digunakan untuk keperluan studi, tetapi yang paling umum digunakan adalah mesin turing.
Ilmuwan komputer mempelajari mesin Turing karena mudah dirumuskan, dianalisis dan digunakan untuk pembuktian, dan karena mesin ini mewakili model komputasi yang dianggap sebagai model paling masuk akal yang paling ampuh yang dimungkinkan. Kapasitas memori yang tidak terbatas mungkin terlihat sebagai sifat yang tidak mungkin terwujudkan, namun setiap permasalahan yang "terputuskan" (decidable) yang dipecahkan oleh mesin Turing selalu hanya akan memerlukan jumlah memori terhingga. Jadi pada dasarnya setiap masalah yang dapat dipecahkan (diputuskan) oleh meisn Turing dapat dipecahkan oleh komputer yang memiliki jumlah memori terbatas.
Selanjutnya adalah pengimplementasian teori komputasi dalam berbagai bidang ilmu saat ini. Beberapa diantaranya yaitu :
1. Matematika
penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data mining, scientific process control dan metode terkait lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah real yang berskala besar.
2. Geografi
komputasi awan didefinisikan sebagai sebuah model yang memungkinkan kenyamanan, akses on-demand terhadap kumpulan sumber daya komputasi (contohnya jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan layanan komputasi) yang konfigurasinya dapat dilakukan dengan cepat dan disertai sedikit usaha untuk mengelola dan berhubungan dengan penyedia layanannya.
3. Ekonomi
mempeljarai titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.
4. Sains (Fisika, Biologi, Kimia)
permasalahan medan magnet dengan menggunakan komputasi fisika, penerapan aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler, dan memungkinkan peramalan sifat-sifat atom dan molekul.
Sumber :
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Teori_komputasi
http://myblogisland.blogspot.com/2013/04/teori-komputasi-dan-implementasi-pada.html?m=1
http://flashintata.blogspot.com/2013/04/komputasi-modern-teori-dan-implementasi.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar