Sabtu, 14 April 2012

sekilas tentang Agmented Reality

Mengapa saya menulis tentang Augmented Reality? Sebenarnya terinspirasi dari penulisan ilmiah saya dikampus. Saya memilih membuat AR pada PI saya semester 6 ini. Hmm animasi dan grafik yang menarik menjadi salah satu alasan saya untuk memilih AR sebagai judul :D

Okay, disini saya akan mencoba menjelaskan sekilas tentang Augmented Reality atau AR. Augemented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyat tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Augmented Reality akan mengubah cara kita memandang dunia atau setidaknya cara penggunanya melihat dunia.

Bayangkan diri Anda berjalan atau mengemudi di jalan, dengan Augmented Reality, elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang Anda pandang, seperti pada kacamata atau pada kaca depan mobil Anda.

Kemudian ketika Anda membaca koran, dengan Augmented Reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto, tetapi kita bisa melihat video dan mendengar suara yang keluar melalui koran tersebut.

Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Marker dalam AR merupakan bagian terpenting dalam aplikasi ini, karena dengan marker lah kamera dapat membaca objek yang telah dibuat sebelumnya. Ada beberapa metode yang digunakan pada Augmented Reality salah satunya adalah Marker Based Tracking.

Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z.

Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan sejak 1980-an dan pada awal 1990-an mulai dikembangkan untuk penggunaan Augmented Reality.
markerbasedar
Nah, sekian sedikit penjelasan dari saya tentang Augmented Reality. Semoga bermanfaat :D

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah
http://tekno.kompas.com/read/2012/04/09/12354384/Augmented.Reality.Masa.Depan.Interaktivitas

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'TOPIK KALIAN', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1188/1/50407366.pdf
    terimakasih

    BalasHapus