Sabtu, 14 April 2012

TUGAS 2 PENGANTAR TEK. GAME ( SOFTSKILL )

Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang sejarah, jenis dan klasifikasi game. Pada postingan kali ini, saya menganalisa sebuah game. Game yang ingin saya analisa adalah game sederhana yang hampir semua kalangan dapat memainkannya, yaitu TIC TAC TOE 3x3.

TIC TAC TOE

Konsep penelitian yang sedang populer dikalangan peneliti AI (Kecerdasan Buatan) adalah tentang permaianan. Salah satu permainan sederhana yang akan dibahas dalam makalah ini adalah permainan TIC TAC TOE.

Permainan TIC TAC TOE merupakan permainan sederhana yang dimainkan pada papan berukuran 3x3. Pada awal permainan, papan dikosongkan, lalu kedua pemainnya, dinamakan X dan O aan menempatkan biji bijinya keatas papan satu persatu sesuai dengan urutan jalannya masing masing. Pemain yang berhasil menempatkan tiga bijinya dalam satu garis, vertikal, horizontal ataupun diagonal pertama kali dialah pemenangnya. Permainan dinyatakan seri jika kedua pemain tidak ada yang berhasil menyusun 3 bijinya secara berurutan padahal papan telah penuh.

KONSEP PERMAINAN TIC TAC TOE

1. Desain Sistem

2. Pendefinisian Awal

a. Pemain yang ikut dalam permainan tic tac toe

b. representasi pohon, menyederhanakan dan merumuskan masalah.

c. representasi minimax tree, dengan cara pengambilan langkah yang bergantian (bergiliran).

d. Hasil/skor akhir

e. salah satu cara yang umum digunakan dalam pembentukan Artificial Intelligence sebuah game adalah menganalisis secara langsung terlebih dahulu game tree menggunakan metode algoritma minimax atau variasinya. Game tree tic tac toe dapat dicari dan dianalisis dengan mudah dengan menghilangkan point-point yang tidak diperlukan, namun permainan lain yang lebih besar seperti catur sangat susah untuk dianalisis secara langsung. Sehingga Artificial Intelligence untuk permainan seperti itu lebih cenderung ke analisis parsial dengan membagi game tree menjadi sejumlah game tree yang lebih kecil. Salah satu cara untuk menciptakan Artificial Intelligence yang sesuai adalah dengan menganalisa seluruh game tree. Berikut adalah pola permainan TIC TAC TOE :

IMPLEMENTASI

Dalam permainan TIC TAC TOE diperlukan beberapa strategi untuk dapat memenangkan permainan, dalam hal ini lawan yang harus dikalahkan adalah mesin atau komputer. Kita harus memiliki strategi untuk tiap konfigurasi papan. Karena papan yang dimainkan berukuran 3X3 atau dengan kata lain terdapat 9 buah kotak, yang setiap kotaknya dapat diisi dengan “X” atau “O” ataupun kosong. Total konfigurasi yang mungkin adalah 3 pangkat 9 yaitu 19683.

Pada tahap pertama, konfigurasi yang valid harus diperkirakan dengan baik. Pemain pertama “X” yang memulai terlebih dahulu, jumlah X dan O pada papan dan pada satu waktu harus sama. Sedangkan untuk peman kedua atau “O”, harus ada X terlebih dahulu yang jalan sebelumnya.

PENGATURAN SKOR

Kedua pemain yang secara bergantian saling melangkah akan menghasilkan dua buah populasi sebagai inisialisasi. Satu populasi untuk pemain X dan datu lagi untuk pemain O. Perbedaan antara pemain ‘X’ dan ‘O’ adalah pada pemain ‘X’ akan bertujuan untuk memenangkan permainan, karena memulai langkah terlebih dahulu. Dengan memulai terlebih dahulu, peluang untuk mendapatkan skor seri, adalah kecil. Sebaliknya, pemain ‘O’ akan berusaha untuk menahan pemain ‘X’ agar tidak memenangkan permainan, sehingga jika permainan berakhir seri, pemain ‘O’ menganggap sukses, apalagi jika berhasil memenangkannya. Berdasarkan tabel diatas, sebagi contoh, apabila pemain ‘X’ memiliki catatan 11-5-4 setelah 30 kali permainan, maka fitnes yang didapat adalah 49, sedangkan untuk ‘O’ adalah 65.

KESIMPULAN

Penggunaan konsep algoritma genetika yang baik yang dimasukan kedalam komputer pada permainan ini, diharapkan akan menghasilkan suatu strategi yang optimal dan efektif dalam memenangkan permainan TIC TAC TOE ini.

source :

http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1603/1378

http://lintang.staff.gunadarma.ac.id/Pengantar+Kecerdasan+Buatan.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar