Selasa, 29 November 2011

APLIKASI PERMODELAN GRAFIS

Pada dua artikel sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian dan juga konsep-konsep dasar desain permodelan grafis. Tidak lengkap rasanya jika semua itu belum dijelaskan mengenai pengimplementasiannya didunia nyata atau aplikasi-aplikasi yang akan dan sudah diterapkan dalam perkembangan komputer grafis tersebut.

Saya akan mencoba membahas tentang beberapa aplikasi yang telah digunakan dan dikembangkan dalam dunia permodelan grafis saat ini.
Beberapa diantaranya adalah :

1. Computer-Aided Design (CAD)

CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.

Gambar 1 Aplikasi AutoCAD salah satu aplikasi CAD

2. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)


CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE
digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam
proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase
Power Designer.

Gambar 2 Rational Rose, salah satu contoh CASE.

3. Virtual Reality


Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras
khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user
beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute
trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat
memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya
penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.

Gambar 1 Seorang perwira U.S. Navy menggunakan VR parachute trainer

4. Visualisasi Data


Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk
mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam
mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.
Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.

b

a

Gambar 2 (a) Struktur suatu website dengan 198 hyperlink;
(b) Visualisasi 3D dari gelombang magnetic pada permukaan hard drive PC

5. Pendidikan dan Pelatihan


Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa
digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan
kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang
memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: simulasi
rangkaian elektronik untuk pembelajaran, salah satu aplikasinya Electroni workbench.

Gambar 3 Electronic Workbench—simulasi rangkaian elektronik.

6. Computer Art


Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.

Gambar 4 GIMP—Aplikasi Image editing untuk digital art.

7. Hiburan


Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya
pertelevisian, motion pictures, animasi, video clips, dan sebagainya. Film-film animasi yagn
berdar di pasaran seperti Shrek, Monster Inc., anime-anime Jepang, menggunakan
komputer grafis.

Gambar 5 Aplikasi grafika komputer pada bidang hiburan berupa film-film animasi 3D.

8. Video Game

Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.

Gambar 6 Video game menggunakan grafika komputer.Gambar kiri adalah
permainan tertris dan gambar kanan adalah permainan sepakbola.

9. Pengolahan Citra


Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra,
meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam
suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.

Gambar 7 Perbaikan kualitas citra sehingga menjadi lebih baik
pada pengolahan citra digital: (a) sebelum; (b) sesudah.

10.Computer Vision


Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat
melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun
sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian
dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang
diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.

11. Graphical User Interface


Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia
dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita
lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun
Linux.


SUMBER

www.wikipedia.co.id

http://gubuk.orgfree.com/Aplikasi-Komputer-Grafis.php


Tidak ada komentar:

Posting Komentar